Kapan Sih Make Up Kadaluarsa ?

6:23:00 PM 3 Comments A+ a-

Assalamualaikum Dear Friends



Sudah familiar dong dengan kata Kadaluarsa ? 
Gak cuma makanan aja yang harus diperhatikan kadaluarsanya tapi kosmetik juga harus diperhatikan.

Efek memakai make up yang kadaluarsa tuh bermacam-macam soalnya,ada yang langsung bereaksi ada juga yang reaksinya tidak langsung.
Contoh reaksinya pun bermacam-bermacam :

1. Kulit Memerah
2. Timbul Jerawat
3. Bengkak disekitar area yang terkena kosmetik kadaluarsa

Nah gak mau kan kalau wajah kamu yang tadinya normal-normal aja jadi bermasalah karena make up kamu yang kadaluarsa ?

Terus gimana dong cara tau masa kadaluarsa make up yang kamu pakai ?

Jadi,kadaluarsa dapat dihitung dimulai kamu membuka kemasan kosmetik pertama kali.

Berikut ini adalah cara mengetahui masa kadaluarsa kosmetik kamu 

1. Jenis Powder ( Bedak, atau Eye Shadow ) : 2 Tahun
2. Cream ( Eye Shadow ) : 12-18 Bulan
3. Foundation : 1 Tahun
4. Lipstick : 1 Tahun 
5. Mascara dan Eye Liner : 3-6 Bulan
6. Make Up Brush : Cuci seminggu sekali menggunakan sabun baby
7. Sponge Make Up : Ganti setiap minggu

Oh iya untuk mengetahui kalau make up kita sudah kadaluarsa atau belum bisa juga dengan cara :

1. Perhatikan tekstur, kalau tekstur awal creamy tapi lalu jadi lengket atau menggumpal biasanya itu tanda-tanda kalau kosmetik kamu sudah tidak layak pakai.

2. Berbau,kalau sudah menimbulkan bau yang tidak sedap sudah pasti sudah tidak layak digunakan yaa,karena bau itu biasanya ditimbulkan oleh bakteri

3. Berubah warna,karena terlalu lama disimpan atau ditutup tidak rapat biasanya kosmetik tersebut warnanya berubah,bisa menjadi lebih gelap atau terang.

Jadi udah tau kan kapan harus membuang kosmetik kamu ? 
Rasanya sayang memang yaa apalagi kalau sisanya masih banyak :D ,tapi demi kesehatan wajah sebaiknya diganti sesuai masa kadaluarsanya ya.


Semoga info ini bermanfaat yaa,apalagi buat kamu yang make up junkie :D

3 comments

Write comments
February 17, 2015 at 8:34 AM delete

Perlengkapan lenongan dari jaman seserahan kayaknya udah pada kadaluarsa T_T padahal jarang dandan baru dipake 3-6 kali...
Biar ga rugi, di rumah kudu makeupan kali yaaaa

Reply
avatar
February 17, 2015 at 8:40 AM delete

Naaah itu tuh Tii yg bikin sayang,baru bbrp kali pake tpi ternyata uda masuk masa kadaluarsa,apalagi klo pricey bgt duuuh makin sayang deh dibuang

Reply
avatar
February 17, 2015 at 10:25 AM delete

Duuhh. klo ud ngomongin make up ampun deh. banyak bener yang kadaluarsa sebelum habis dipake. itu maskara eye liner cuma 3-6bulan? maakk. maskara gw ud setahun lebih ga habis2. haha. emang gw ga cocok kayaknya beli make up :p

Reply
avatar